Archive for the ‘Pemikiran’ Category

Pentingkah IJAZAH itu?

Saturday, June 3rd, 2017

Mereka beri ruang pendapat pada kami (praktisi IT dan dunia kreatif, profesional, pemerintah, aparat hukum) untuk berlokakarya menemukan kekurangan materi silabus kuliah IT agar ciamik!

Soroti apatis nya mahasiswa terhadap aktivitas profesi. Padahal mereka harusnya tambah pengalaman, pertajam hard dan soft skills tidak hanya di lingkungan kampus. Kerja praktek hanya dipandang sebagai pemenuhan SKS belaka. Padahal tiap liburan kan bisa dipake magang. Klo mau, pas lulus nanti kantongi sertifikat/pengalaman kerja yg beragam. Itu nilai tambah! (more…)

U pikir Allah Juru Parkir?

Friday, May 5th, 2017

Infaq berapa pas Jum’atan tadi? Nggak perlu dijawab. Di rasa dalam hati saja 🙂 Ada yang bersikap ambil nominal paling kecil di dompet, itung-itung bersihin uang kecil didalamnya. Maksudnya biar tertinggal yang besar di dompet untuk pancing yang lebih besar lagi masuk kesana. Emangnya u mau bayar parkir?

Umat Islam pada santun ketika Jum’at itu datang. Semenjak dari kecil sudah diajarkan untuk bawa uang infaq yang niatnya untuk Allah SWT. Jika sudah melibatkan Allah, maka untuk apa dana infaq itu? (more…)

Apakah Babi dan Onta itu sama?

Wednesday, April 26th, 2017

Membiasakan diri hidup dalam perbedaan pola pikir itu mulia daripada menyatukan/samakan perbedaan nya. Pola pikir beda kan ketetapanNya. Bahkan sudah jadi resolusi hak asasi manusia.

Klo jaman dulu, dalam rangka menyatukan perbedaan pola pikir, langkah instan yang logis adalah ‘pembunuhan’. Karakter nya dibunuh agar terjadi situasi yang tenang. Mungkin contoh nyata nya partai politik yang dipangkas jadi 3 (jaman Mbah Harto). Partai yg tadinya puluhan harus dipaksa merapat ke salah satu dari 3 itu. Majalah yg kritis pola pikir nya dan beda dengan penguasa berakhir terbredel. Itu semua ‘pembunuhan’ karakter akibat pola pikir yang beda. Akhirnya tidak ada perbedaan. Yang ada adalah ketakutan untuk jadi beda. Berani kritik beda, besok hilang (Widji Tukul, Petrus Bima, dll, Munir-diracun). Langkah pemaksaan pola pikir yang ngeri! (more…)

Kemerdekaan vs Keamanan

Wednesday, April 19th, 2017
Berubah! Mas dulu potongannya rapi sekarang nyeni, potong pendek pake guratan talang air. Wuaaah sekarang gondrong. Lho kok berubah lagi? Gondrong brewokan? Walah cukur gundul sekarang Mas! Wuiladalah sekarang brewokan plus kumisan. Buuuik, brubah lagi jadi gundul plontos. Wahaha samping kiri ada 3 goresan. Itu sebenarnya ingin dibentuk sayap ala Gundala! Namun tukang cukur nya nggak pede, jadinya begitu, garis berundak.
 
 
Yang jelas, banyak yang komentar atas penampilan saya. Jangankan teman, istri saya sok kaget pas tengah malam. Dikira tidur sama tuyul!

(more…)

CSR RT/RW Net

Wednesday, April 5th, 2017

Saya pergi ke tetangga yang buka toko kelontong, mau beli jajanan. Ada 2 mbok-mbok mainan Smartphone nya. Terjadi percakapan ini:

Mbok, itu internet nya pake kuota nya siapa? | Ya pake kuota wifi Bapak nya (saya) | Oh oke bagus-bagus! Yang BOC .. | Ya yang BOC-Indihome itu hehehe | Apa nggak habis-habis kuota nya Pak? (saut mbok satunya), saya kadang merasa nggak enak | Ah nggak mbok! Pake aja, itu tetangga belakang, kanan dan depan juga make kok. | Apa nggak mahal Pak dibagi-bagikan gitu? Ntar bilangin kita klo bayarnya kemahalan Pak | Ah nggak Mbok, udah dibayarin kok. Dibayarin Tuhan lewat pelanggannya BOC Indonesia hahaha, tenang aja. Pake-pake aja. Saya puas kok 🙂 (more…)

Pembunuh Karakter itu bernama Rangking!

Wednesday, February 22nd, 2017

Akibat dihantam Banderek Aceh nya Adhitya Kurniawan Santoso, semalam nggak bisa tidur dan hasilnya menggerutui masa lalu. Sepertinya bandrek itu bikin otak pemberontak hahaha.

Saya sekolah di SD selalu rangking 1. Selama SMP, rangking tengah-tengah. Trus SMA selalu rangking 2. Dari belakang! Dengan jumlah siswa 40an hahaha! Wedus tenan! Mungkin SMP dan SMA berada di sekolah kota dan favorit, jadi persaingannya tinggi. #ngeles #aslinyayabodoh :p (more…)

Sukses adalah Kepuasan yang bisa diulang!

Sunday, February 5th, 2017

Pernahkah berfikir seperti ini? Awalnya aku tidak ada. Membuka mata, berfikir, maka aku ada.

Untuk apa aku ada? Hanyakah makan, minum, sekolah, kerja, nikah, ML, urus anak, saksikan anak nikah, mulai kawatir keriput, menua, punya cucu, sakit?, jantung berhenti mati, dimandikan, disholati, diusung ke kuburan, diurug tanah, lalu dipasang pathok. Proses penguraian berlangsung. Membusuk, dimakan belatung dan akhirnya tinggal tulang belulang. Entah sampai kapan akan hancur. (more…)

Pola Pikir (Mindset)

Saturday, January 7th, 2017

“Pemerintahan Presiden Joko Widodo? ini mengecewakan! Bikin rakyat tambah susah! BBM dinaikkan, sekarang urusan STNK juga ikutan dinaikkan. Otomatis harga-harga yang lain ikutan naik”. Itu opini Bapak ku.

Aku timpali dengan ketawa hahaha dan beradu opini balik. “Pak, kebijakannya memang tidak populer tapi sejatinya mendidik rakyat untuk sama-sama berjuang extra keras kerja. Trus membuat masa ekonomis mobil motor jadi panjang. Toh akhirnya konsumsi premium jadi menurun. Pertalite dan Pertamax jadi naik. Rakyat akhirnya terbiasa beli BBM RON tinggi. Mana ada demo akibat kenaikan BBM untuk saat ini?. Rakyat sudah menerima Pak namun malu untuk mengakui hahaha. (more…)

Catat Perkuliahan Itu Membosankan!

Tuesday, December 27th, 2016

Berburu catatan kuliah jelang Ujian Tengah Semester (UTS) / Ujian Akhir Semester (UAS), itulah yang kulakukan semenjak semester hmm 3 dan seterusnya. Sebelumnya aku rajin mencatat tulisan/penjelasan dosen. Namun lambat laun, jadi malas dan bosan mencatat. Apalagi tulisanku jelek. Kadang bingung pas dipakai belajar lagi hahaha.

Bisa dipastikan, menjelang UTS dan UAS, aku akan rajin main ke kostan teman-temanku yang wanita. Pinjam catatan dan ku fotocopy! Kemudian belajar pake SKS (Sistem Kebut Semalam). (more…)

Membunuh Hantu dalam Pikiran Generasi Muda

Sunday, December 18th, 2016

Menjumpai anak penakut? Teman penakut? Bahkan orang paling dekat pun penakut. Anak usia 13 tahun takut keluar kamar pada malam hari. Padahal dia haus, lapar, mau keluar kamar. Terpaksa telpon papi maminya yang berada di kamar sebelah, hanya untuk antar keluar kamar menuju kulkas!. Ada yang takut jalan sendirian di malam hari. Ada yang takut ke kamar mandi ditengah malam. Akhirnya dia saku kerikil agar tidak boker di malam hari.

Mereka semua ketakutan apa sih? Ternyata takut sama setan! Takut sama hantu!

Setelah saya tanya kepada yang takut, ya investigasi kecil-kecilan lah. Ternyata peran keluarga dan peran media televisi serta perfilman punya pengaruh mencuci otak para generasi muda kita. Bahkan saya sendiri mengakui, sempat punya rasa takut pada kegelapan, takut pada sepi. Kawatir bakal muncul hantu hahaha. Itu keadaan saya dulu sebelum latihan silat! (more…)


Catering di Bali




Ayo Berbagi
Afiliasi Hosting Indonesia
Hosting Indonesia

Anti Korupsi
Chat with me