Kewirausahaan

UKM Hebat! Tahan Banting!

Ketika handle seminar atau workshop, aku bukanlah EO profesional. Dadakan saja, merasakan seni dan tantangan sukseskan sebuah acara yang kuyakini membawa manfaat bagi diri pribadi dan masyarakat. Rata-rata aku suka handle acara sosial yang non profit oriented. Termasuk Pesta Wirausaha Bali ini. Murni ngayah klo orang Bali bilang.

Acara meski sifatnya sosial tetap saja butuh operasional. Maka kami, panitia biasanya barter space dengan para sponsor. Bentuknya bermacam namun biasanya panitia suka dana segar.

Read the rest of this entry »
Wirausahawan juga berjuang! Bela Rakyat!

Headline koran hari ini merangsang. Urusin gaji BOC Indonesia ku pause 15 menitan. Mau tulis status ini. Pendapatku.

Headline pertama: Setya Novanto yang dulu mengundurkan diri dari Ketua DPR sekarang kembali lagi jadi ketua DPR. Jika bicara dalam dunia wirausaha, aku pernah nemuin orang macam ini.

Berwirausaha dalam satu bendera, jualan web hosting dan domain name. Mereka berpartner. Suatu ketika si E ketahuan jualan hosting tanpa sepengetahuan H. Mungkin dikira H goblok, jadi si E leluasa masukin aja akun-akun hosting orang lain dgn status addon domain.

Read the rest of this entry »
Teman yang baik, tidak minta diskon

Saya sering lihat meme-meme yang terkesan membela orang yang baru mulai usaha (startupers). Ya kalimat seperti judul tulisan ini, “Teman yang baik, tidak minta diskon”. Bagi saya itu bukan pembelaan namun itu minta dikasihani. Startuper tidak butuh dikasihani!

teman-tdk-minta-diskon

Permintaan diskon akan kalian temukan disaat membangun usaha dan itu wajar, normal. Kalian akan hadapi itu dan bersikaplah tegar dan tahan banting akan hal itu.

Aturlah mindset bahwa diskon itu bukan kerugian. Diskon hanya akan kurangi keuntungan. Tinggal siapkan rela dan ikhlas saja. Klo diskon = merugi, ya jangan jualan! Gitu aja kok repot :p

Kalian tawarkan produk ke teman dan temanmu minta diskon. Masak kalian bilang, “Teman yang baik, tidak minta diskon”. Hahaha absurd sekali!

Diskon itu strategi dan ilmu terlama dalam dunia bisnis. Sama seperti ‘bisnis selang (kangan)’ di muka bumi ini. Sudah ada sejak jaman pra sejarah wkwkwk.

Tengok pula cara bisnis teman kita Tionghoa, wuigh dahsyad klo sudah kenal. Beli satu bakal dikasih ‘lebih’. Entah itu diskon ataupun tambahan.

Apakah teman yang baik itu tidak layak diberi diskon?

Justru beri diskon adalah upaya hargai pertemanan. Diskon adalah hadiah dan pembeda antara teman dan orang lain.

Beri diskon artinya beri teman keistimewaan. Ada efeknya jika kita menerapkan viral marketing. Teman akan senang dan bangga akan keistimewaan itu dan tidak akan segan untuk berikan rekomendasi produk kita ke teman-temannya.

Rejeki itu kadangkala perantaranya lewat teman. Meski kalian tidak minta teman berjanji untuk ikut rekomendasikan, alam akan mengatur nya. Ini udah jadi janjiNya.

Beri diskon dikala kita berlebih, itu sudah biasa! Yang luar biasa adalah beri diskon dikala kita masih merasa kekurangan.

Diskon itu membuat hati kita merasa berlebih, bisa bantu teman. Itulah hati yang kaya raya. Bersyukurlah!

Semoga Allah selalu bersama dengan orang-orang yang ikhlas dan membawa manfaat. Amin.

#ThinkDifferent

Read the rest of this entry »
Kamu pikir bikin startup bisnis itu mudah?

Pak Budi Satria Isman, mantan CEO Coca Cola dan CEO Sari Husada (susu SGM), penggagas gerakan wirausaha nasional Onein20 pernah berkata dalam sebuah seminar wirausaha di Denpasar. Ketika bikin startup bisnis bayangannya akan jadi CEO. Ternyata fakta CEO yang dimaksud adalah Chief Everything Officer. Everything? Iya, semua kegiatan usaha diawal dilakukan sendiri dulu!

bakornas

Bikin produk sendiri, atau nge-coding sendiri. Nge-design sendiri. Marketing sendiri. Presentasi sendiri. Kirim produk, pake motor sendirian. Nagih, sendirian juga. Pembukuan, boro-boro. Makan aja sering telat, apalagi mandi. Pacar? Mana ada yang mau, lha wong bau dan nggak punya waktu untuk sekedar hangout. Bahkan dalam kasus ekstrim ada yang ditinggal nikah!

Read the rest of this entry »

Categories

Archives

Bloggers

Komunitas

Links

Serba-Serbi



Persaudaraan Setia Hati Terate

Bali Blogger Community



Copyright © Ayo Berkarya dan Berbagi - Sebuah Anugerah menuju Perjalanan Panjang Hidup nan Indah