Manfaat Tomat, Sumber Antioksidan Alami

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Saya menulis soal manfaat tomat karena saat ini mulai mengkonsumi tomat murni. Biasanya sih tomat hadir tercampur dalam hidangan makanan, yang sifatnya kadang-kadang saja terkonsumsi. Hal ini terinspirasi oleh seorang teman dari Ecuador (Daniella) yang tiba-tiba beli tomat banyak banget di pasar candi kuning, sebelum singgah di Subaya, Kintamani. Ternyata tomat itu dimakan mentah sambil dibubuhi garam. Saya mencoba, dan humm, not bad, seger nya mak nyes.

Peristiwa itu sudah 2 minggu lalu sih. Tadi mampir ke Makro dan mau cari buah untuk team saya di Bali Orange Communications. Pandangan mengarah ke tumpukan tomat merah ranum dan lumayan besar ukurannya. Langsung saja ambil 2 kilo. Sampai di kantor, rencananya malam ini mau migrasi beberapa akun hosting ke server baru. Sambil transfer backup, irisan tomat itu saya tutul kan ke bumbu (gula, garam, dan merica). Wuuaaah pemirsa … mak nyes rasanya hahahaha. Seger euy, jadi bersemangat. Kemudian, saya coba browsing mencari artikel manfaat tomat. Ketemu deh, dan gak ada salah nya saya posting kan sekalian.

Hampir semua orang mengenal tomat (Licopersicum esculentum). Buah yang tanpa kenal musim ini ternyata mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beragam penelitian menunjukan, tomat bermanfaat untuk kesehatan jantung serta penangkal radikal bebas.

Banyak varietas buah tomat, seperti tomat buah yang berukuran besar, tomat sayur dengan ukuran lebih kecil dan tomat ceri yang hanya sebesar kelereng. Apapun jenisnya, tomat mengandung unsur gizi yang hamper sama, yakni kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat dan zat fitonutrien.

Kaya Antioksidan
Keisitimewaan lain buah tomat adalah tinginya kandungan likopen. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Likopen juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker. Vitamin A yang terkandung di dalam tomat sangat baik untuk kesehatan mata.
Tomat juga banyak dimanfaatkan di dalam industri kecantikan, banyak masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat. Bukan tanpa alasan, pigmen likopen memang terbukti efektif sebagai antioksidan. Zat lain seperti tomatin di dalam tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. Jika Anda demam, tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam. Sementara serat yang tinggi di dalam tomat mampu mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Cegah Penggumpalan Darah
Manfaat tomat sebenarnya sudah di teliti sejak lama, seperti penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, yang dilakukan pada November 1834. Hasil penelitiannya menunjukkan tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

Dimasak Lebih Baik
Mengkonsumsi buah tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Seperti yang terungkap dari penelitian badan pangan dunia FAO-WHO. Hasil penelitian lembaga ini menunjukan jika kandungan likopen tidak rusak dan jumlahnya tidak jauh berubah selama pemanasan. Bahkan kandungan likopen akan meningkat 10 kali lipat ketika tomat diolah menjadi saus atau pasta tomat.
Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak, namun likopen yang larut di dalam lemak justru sulit di serap oleh tubuh. Karenanya, disarankan mengolah tomat dengan cara di rebus atau dikukus. Mengkonsumsi sebaiknya pilih yang tomat organik. Tomat organik lebih sehat karena bebas dari residu kimia, baik dari pupuk dan pestisida. Tomat dari hasil organik juga lebih tinggi kandungan kalsiumnya, sekitar 23 mg dibandingkan tomat unorganik yang hanya mengandung 5 mg kalsium. Teks & Foto: Budi Sutomo

Tabel Kandungan Gizi Tomat/100 g

Tomat Masak
Kalori 20 kal
Protein 1.0 g
Lemak 0.3 g
Karbohidrat 4.2 g
Kalsium 5 mg
Vitamin A 1500 SI
Viamin C 40 mg

Sumber: Daftar Komposisi Bahan Makanan. Depkes (1979)

Sumber tulisan manfaat tomat : http://budiboga.blogspot.com/2008/02/menguak-manfaat-tomat.html

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Bagikan Yuk


34 Comments

  1. Yanuar August 1, 2008 at 1:57 pm

    aku malah seneng langsung dimakan mas..
    nggak pake totol-totolan.
    lebih seger dan enak diperut

    Reply

  2. made August 4, 2008 at 5:14 pm

    mas…beli aja jeruk untuk anak2 BOC kan jeruk makan jeruk…lebih cocok d kasi jeruk daripada tomat …kekekkekekeke….lambang BOC kan jeruk…lah gak nyambung ya?!?!?!?!? teng tong teng tong

    Reply

  3. fariez August 29, 2008 at 10:09 am

    Mass beneran Ndak ce manfaat tomat y6 muw tulis 2? buktinya dunk?… dah experiment bLom? :top: :top: :top: :top: :party: :party: :broke: πŸ™‚ πŸ™‚

    Reply

  4. Villas in Seminyak March 23, 2009 at 9:37 pm

    tomat_tomat ayo kita rame rame makan tomat biar sehat, kayaknya orang indonesia sudah dari dulu suka makan tomat buktinya kalo bikin sambal kan pake tomat.

    Reply

  5. idah April 18, 2009 at 2:51 pm

    yo po mzzzzzzzzzz????
    ngota dak? : :jalan:

    Reply

  6. febi May 17, 2009 at 10:39 pm

    kalo dimakan mentah ga apa-apakan
    saya sering makan mentahnya aja. blz

    Reply

  7. hendri July 24, 2009 at 12:03 pm

    saya sering buat sambal tomat digoreng lebih nikmat.
    tolong penjelasan lebih rinci tentang pasca panen tomat kalo ada. terimakasih :ohno: :doa:

    Reply

  8. hendri July 24, 2009 at 12:09 pm

    saya sering buat sambal tomat digoreng lebih nikmat.
    tolong penjelasan lebih rinci tentang pasca panen tomat kalo ada. terimakasih :doa: :gaktau: :ohno:

    Reply

  9. melia August 14, 2009 at 3:02 pm

    di apain aja enak :party: :party: :bentur: :no: :no:

    Reply

  10. ana September 22, 2009 at 5:02 pm

    Untung aku suka buah tomat, makan mie pake tomat, nasi goreng pake tomat atau dimakan gitu aja. :top:

    Reply

  11. evi September 26, 2009 at 12:23 am

    beneranlah… semenjak makan tomat, kulit wajah Vi jadi mulusan :top: :top: :top: para jerawat ngak tau pada kemana… cobain dech… :top: :top:

    Reply

  12. Anjar October 5, 2009 at 11:17 am

    Artikelnya bagus, saya baru nulis buku juga tentang tomat. Makasih banyak ya, saya jadi dapat referensi tambahan πŸ™‚

    Reply

  13. rera October 15, 2009 at 12:49 pm

    :top:
    I LOVE YOU FULL TOMATO…
    terimakasih, artikelnya sangat bagus dan menarik..

    Reply

  14. Settor67 October 22, 2009 at 11:38 pm

    Databases can provide you with a wealth of sources to examine, and some of them are even keyword searchable. ,

    Reply

  15. Mr F OK November 12, 2009 at 10:57 am

    :tutup: Cari artikel yang beda dikitlah…. bolak balek sama…dengan artikel lain…

    Reply

  16. haerunnisa February 2, 2010 at 9:57 am

    q suka banget ma tomat, apalagi kalo dimakan tanpa dimentah-mentah rasanya seger banget ……

    Thx ya dah ngasih tau manfaat tomat..
    tapi lebih baik lagi kalo tulisan itu asli dari karya kita sendiri…
    g menyandur punya orang lain …
    Key!!!

    Reply

  17. haerunnisa February 2, 2010 at 9:57 am

    q suka banget ma tomat, apalagi kalo dimakan tanpa dimentah-mentah rasanya seger banget ……

    Thx ya dah ngasih tau manfaat tomat.. :top:
    tapi lebih baik lagi kalo tulisan itu asli dari karya kita sendiri…
    g menyandur punya orang lain …
    Key!!! :top: πŸ™‚

    Reply

  18. ningthea March 22, 2010 at 10:11 pm

    Kalo dijus langsung gimana? Ada temen yang fanatik dengan jus tomat πŸ™‚

    Reply

  19. pu3 May 14, 2010 at 11:23 am

    banyak juga ya manfaat tomat…enak juga di juz pake susu..uenakk :top:

    Reply

  20. windi adi wibowo June 7, 2010 at 11:40 am

    wew :top: gan….habis ne pokoknya l;angsung :jalan: nyari jus tomat dah…

    Reply

  21. chai July 16, 2010 at 2:09 am

    mangstab…. :top:
    makasi bgt ya buat infonya… πŸ˜€

    Reply

  22. iqbal elkadi July 22, 2010 at 10:46 am

    Terimah kasih ya ats artikel yang telah dibuat. Hem, mungkin semua orang tau kalo manfaat Tomat gede banget, tapi ya malas tuk mengonsumsinya.
    Cayo baut penulisnya :party:

    :daa: Daaaaa

    Reply

  23. akhmad July 22, 2010 at 11:13 am

    infonya bagus

    Reply

  24. biji tanaman hias July 29, 2010 at 5:43 pm

    keren neh pembahasannya,.. :metal:
    kalau baca yang kayak ginian malah jadi ketagihan.
    ketagihan bwt kandungan yg ada bwt badan kita
    .jangan lupa posting yang baru lagi
    , :top:

    Reply

  25. Rita August 20, 2010 at 12:07 pm

    makan tomat meski dikukus or direbus rasanya gak seenak yg seger…. hehe

    — visit http://m.rujakasik.com

    Reply

  26. srik spensya September 5, 2010 at 11:14 am

    kalo saya lbih sneng di pakek rujak yg pedeS maniS…….
    hhe,
    mantabss………

    Reply

  27. vian September 30, 2010 at 4:24 pm

    :top:

    heemm,,,,,,,banyak gizinya yak,,,,,,,!!!

    boleh di coba,,,,,, :okay: :top:

    Reply

  28. TITAN EKA TILAMAYA January 14, 2011 at 4:26 pm

    Saya sekarang sedang nyoba pake tomat buat masker wajah tiap pagi.. kata shinshe c tu buah bagus buat menghilangkan noda2 di wajah..
    Tomatnya saya celupin air hangat dulu, baru diolesin muka..
    Kalo untuk hasilnya c sedang proses nih.. Doakan ya hehehe

    Reply

  29. TITAN EKA TILAMAYA January 14, 2011 at 4:27 pm

    :top:

    Reply

  30. pengobatan asam urat January 29, 2011 at 11:53 am

    tomat emang banyak manfaatnya..
    bisa buat mutihin wajah..
    campur ajah jus tomat(sedikit air) ama susu..
    simpen d kulkas beberapa saat..
    tyus d olesin k muka..
    moga berhasil.. :top: πŸ™‚

    Reply

  31. naufal March 5, 2011 at 3:40 pm

    :top: :gaktau: enak tpi kecut

    Reply

  32. iklan internet October 25, 2011 at 9:33 am

    wah seep dah,,
    maksi infonya

    Reply

  33. lukisan pemandangan January 23, 2012 at 12:16 pm

    sepz dah artikel nya ..ane jg suka ma buah tomat,,,mau di jus or ga jg sama aza enaknya πŸ˜€

    salam kenal n sukses selalu πŸ™‚

    Reply

  34. inengah sudarma October 17, 2012 at 5:28 am

    setuju banget,kami sekeluarga sdh hampir 4 bln mengkonsumsi tomat ,manfaatnya sangat berasa sekali,saya skrng ngak pernah sariawan lg n anak saya jarang ke dokter….pokoknya tomat top habis deh….

    Reply


Leave A Response