Hak dan Kewajiban Suami Isteri dalam Islam

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sebagai bahan referensi dan renungan bahkan tindakan, berikut, garis besar hak dan kewajiban suami isteri dalam Islam yang di nukil dari buku “Petunjuk Sunnah dan Adab Sehari-hari Lengkap” karangan H.A. Abdurrahman Ahmad.

Hak Bersama Suami Istri
– Suami istri, hendaknya saling menumbuhkan suasana mawaddah dan rahmah. (Ar-Rum: 21)
– Hendaknya saling mempercayai dan memahami sifat masing-masing pasangannya. (An-Nisa’: 19 – Al-Hujuraat: 10)
– Hendaknya menghiasi dengan pergaulan yang harmonis. (An-Nisa’: 19)
– Hendaknya saling menasehati dalam kebaikan. (Muttafaqun Alaih)

Adab Suami Kepada Istri .
– Suami hendaknya menyadari bahwa istri adalah suatu ujian dalam menjalankan agama. (At-aubah: 24)
– Seorang istri bisa menjadi musuh bagi suami dalam mentaati Allah clan Rasul-Nya. (At-Taghabun: 14)
– Hendaknya senantiasa berdo’a kepada Allah meminta istri yang sholehah. (AI-Furqan: 74)
– Diantara kewajiban suami terhadap istri, ialah: Membayar mahar, Memberi nafkah (makan, pakaian, tempat tinggal), Menggaulinya dengan baik, Berlaku adil jika beristri lebih dari satu. (AI-Ghazali)
– Jika istri berbuat ‘Nusyuz’, maka dianjurkan melakukan tindakan berikut ini secara berurutan: (a) Memberi nasehat, (b) Pisah kamar, (c) Memukul dengan pukulan yang tidak menyakitkan. (An-Nisa’: 34) … ‘Nusyuz’ adalah: Kedurhakaan istri kepada suami dalam hal ketaatan kepada Allah.
– Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah, yang paling baik akhlaknya dan paling ramah terhadap istrinya/keluarganya. (Tirmudzi)
– Suami tidak boleh kikir dalam menafkahkan hartanya untuk istri dan anaknya.(Ath-Thalaq: 7)
– Suami dilarang berlaku kasar terhadap istrinya. (Tirmidzi)
– Hendaklah jangan selalu mentaati istri dalam kehidupan rumah tangga. Sebaiknya terkadang menyelisihi mereka. Dalam menyelisihi mereka, ada keberkahan. (Baihaqi, Umar bin Khattab ra., Hasan Bashri)
– Suami hendaknya bersabar dalam menghadapi sikap buruk istrinya. (Abu Ya’la)
– Suami wajib menggauli istrinya dengan cara yang baik. Dengan penuh kasih sayang, tanpa kasar dan zhalim. (An-Nisa’: 19)
– Suami wajib memberi makan istrinya apa yang ia makan, memberinya pakaian, tidak memukul wajahnya, tidak menghinanya, dan tidak berpisah ranjang kecuali dalam rumah sendiri. (Abu Dawud).
– Suami wajib selalu memberikan pengertian, bimbingan agama kepada istrinya, dan menyuruhnya untuk selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya. (AI-Ahzab: 34, At-Tahrim : 6, Muttafaqun Alaih)
– Suami wajib mengajarkan istrinya ilmu-ilmu yang berkaitan dengan wanita (hukum-hukum haidh, istihadhah, dll.). (AI-Ghazali)
– Suami wajib berlaku adil dan bijaksana terhadap istri. (An-Nisa’: 3)
– Suami tidak boleh membuka aib istri kepada siapapun. (Nasa’i)
– Apabila istri tidak mentaati suami (durhaka kepada suami), maka suami wajib mendidiknya dan membawanya kepada ketaatan, walaupun secara paksa. (AIGhazali)
– Jika suami hendak meninggal dunia, maka dianjurkan berwasiat terlebih dahulu kepada istrinya. (AI-Baqarah: ?40)

Adab Isteri Kepada Suami
– Hendaknya istri menyadari clan menerima dengan ikhlas bahwa kaum laki-Iaki adalah pemimpin kaum wanita. (An-Nisa’: 34)
– Hendaknya istri menyadari bahwa hak (kedudukan) suami setingkat lebih tinggi daripada istri. (Al-Baqarah: 228)
– Istri wajib mentaati suaminya selama bukan kemaksiatan. (An-Nisa’: 39)
– Diantara kewajiban istri terhadap suaminya, ialah:
a. Menyerahkan dirinya,
b. Mentaati suami,
c. Tidak keluar rumah, kecuali dengan ijinnya,
d. Tinggal di tempat kediaman yang disediakan suami
e. Menggauli suami dengan baik. (Al-Ghazali)
– Istri hendaknya selalu memenuhi hajat biologis suaminya, walaupun sedang dalam kesibukan. (Nasa’ i, Muttafaqun Alaih)
– Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur untuk menggaulinya, lalu sang istri menolaknya, maka penduduk langit akan melaknatnya sehingga suami meridhainya. (Muslim)
– Istri hendaknya mendahulukan hak suami atas orang tuanya. Allah swt. mengampuni dosa-dosa seorang Istri yang mendahulukan hak suaminya daripada hak orang tuanya. (Tirmidzi)
– Yang sangat penting bagi istri adalah ridha suami. Istri yang meninggal dunia dalam keridhaan suaminya akan masuk surga. (Ibnu Majah, TIrmidzi)
– Kepentingan istri mentaati suaminya, telah disabdakan oleh Nabi  saw.: “Seandainya dibolehkan sujud sesama manusia, maka aku akan perintahkan istri bersujud kepada suaminya. .. (Timidzi)
– Istri wajib menjaga harta suaminya dengan sebaik-baiknya. (Thabrani)
– Istri hendaknya senantiasa membuat dirinya selalu menarik di hadapan suami(Thabrani)
– Istri wajib menjaga kehormatan suaminya baik di hadapannya atau di belakangnya (saat suami tidak di rumah). (An-Nisa’: 34)
– Ada empat cobaan berat dalam pernikahan, yaitu: (1) Banyak anak (2) Sedikit harta (3) Tetangga yang buruk (4) lstri yang berkhianat. (Hasan Al-Bashri)
– Wanita Mukmin hanya dibolehkan berkabung atas kematian suaminya selama empat bulan sepuluh hari. (Muttafaqun Alaih)
– Wanita dan laki-laki mukmin, wajib menundukkan pandangan mereka dan menjaga kemaluannya. (An-Nur: 30-31)

Isteri Sholehah
– Apabila’ seorang istri, menjaga shalat lima waktu, berpuasa pada bulan Ramddhan, memelihara kemaluannya, dan mentaati suaminya, niscaya Allah swt. akan memasukkannya ke dalam surga. (Ibnu Hibban)
– Istri sholehah itu lebih sering berada di dalam rumahnya, dan sangat jarang ke luar rumah. (Al-Ahzab : 33)
– Istri sebaiknya melaksanakan shalat lima waktu di dalam rumahnya. Sehingga terjaga dari fitnah. Shalatnya seorang wanita di rumahnya lebih utama daripada shalat di masjid, dan shalatnya wanita di kamarnya lebih utama daripada shalat di dalam rumahnya. (lbnu Hibban)
– Hendaknya menjadikan istri-istri Rasulullah saw. sebagai tauladan utama.

M. Luthfi Thomafi dalam milis mencintai-islam.

40 keistimewaan wanita menurut Islam, menunjukkan betapa Islam begitu menghormati dan menghargai para wanita yang sholehah.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Tags:


banner 4 dongkrak
Banner 1
Banner 2
banner 3

180 Responses to “Hak dan Kewajiban Suami Isteri dalam Islam”

  1. farida Says:

    islam tdk mungkn membuat wanita menderita…itu maaah suami aja yg terllu egois….harsx suami jg nenggauli istri dgn baik…apa salahnya juga cari pembntu,dasar suami yg kyk gtu yg g baik….ini juga malh menjerumskn suruh org murtad..kualat kamu… :no:

    Reply

  2. farida Says:

    halah ko yg di terangkan cuma kewajiban dan hak istri aja…suami cuma sedikit aja…hmmm…terlalu egois sbg suami…

    Reply

  3. luky Says:

    :top: alhmdulilah stelah membaca artikel mas, sya terbuka pandangan pikiran saya. kedudukan swami lebih tinggi dari istri..tpi klw swami dgn penghsilan lebih rendah dri istri, bgmana sikap swami ? mhn solusiny.. sngat terimakasih klw mas kirim ke email saya..thanx

    Reply

  4. S Says:

    Setuju

    Reply

  5. Aku Says:

    Senangnya punya Istri Solehah…saya turut bahagia ya, dan saya salut untuk wanita yg sudah mau menjadi istri solehah dengan imbalan dihormati dan dihargai pula oleh suami….

    Insya Alloh saya cukup sabar menjalani ini semua, doakan saya y…semoga istri saya bisa menjadi istri yg solehah…

    Untuk apa Alloh menciptakan Manusia yang punya sifat sabar kalau tidak digunain…pait2nya digunakan hingga mati, semoga ini bekal dan ada imbalan dr Alloh……Ya Alloh, ampuni dosa-dosaku, Istriku dan anak sertak orang tua2 ku….sejakterakan kami, limpahkan dengan rizkiMu yg cukup….berilah aku kekuatan untuk tetap bersabar dengan baik, tentunya dengan petunjuk Mu dan RosulMu ya Alloh….

    Ya Muhammad Ya Rosulku, ….ini umat mu, bantulah umatmu ini Ya Muhammad agar dilimpahkan rahmat dan barokah agar istri hamba solehah seperti wanita2 dan istri2 solehah lainnya

    Amin :doa:

    Reply

  6. adi Says:

    wa’alikum slm….
    masya Allah sy turut prihatin atas kejadin tersebut (sya hanya mendo’akan mudh2an mba diberikan kesabaran dan ketabahan aminn.. ya robbal alamin) menurut sya tidak ada slahnya mba memaafkan kekhilafan suami klo memang suminya itu khilaf, skg coba mba koreksi diri apa sbnarnya kekurangan, mba.

    Reply

  7. manjaKUsyg Says:

    salam….
    Apa harus saya lakukan jika hati saya selalu terguris bila bergaduh dengan suami, suami saya sering kali memuji adik beradiknya,dan seringkali juga dia mengutuk adik beradik saya..dengan perkara ini,kami selalu bergaduh. saya selalu menangis..
    saya mahu diam kan diri,tapi tidak berdaya bila dia mengutuk keluarga saya..ini menyebabkan saya melawan..saya tak mahu dikatakan sebagai isteri derhaka..

    Reply

  8. fitri Says:

    aku tingga dirumah mertua udh mau 4 thn,suamiku ingin ngontrak dgn alasan ingin belajar mandiri,,tp tdk diizinkan karna suami adalah anak tunggal,tp suamiku ttp nekat,dosa ga suamiku??

    Reply

  9. merri Says:

    Asslm…kami sudah menikah hampir 6 th, belum dikaruniai keturunan. menurut hasil HSG 1 th yg lalu di saluran tuba sblh kanan sy ada penyumbatan dan kt doktr dilaparaskopi (menghancurkan penyumbatn dg alat yang dimasukkan ke dlm rahim) :fyuh: . sy tidak mau menjalani itu krn takut klu gagl dan resikonya :tutup: .tp suami sy ingin sy melakukan itu dan terksn memaksa ^:)^ . Sy tahu klu penyumbtn itu msh ada, kemungknan km sulit mendptkn keturnan, tp klu mengingt sikp suami sy yg kurang jelas, takadang baik :love: , kdg tidk,pemarah :setan: tergantung mood,suka berbohong sptnya sudh menjd hal biasa, membuat sy makin surut utk dilaparaskopi krn sy tkut anak km mendptkn perlakuan yg kurg jelas dr ayahnya. yang sy tanyakan apa sy salah menolk keinginan suami sy utk dilaparaskopi krn alsn demikian? terimaksih. :top:

    Reply

  10. jannah Says:

    kan terus berusaha tuk bahagiakan suami,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,hehe :love: :broke:

    Reply

  11. jannah Says:

    amin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, sukses ya sobb ……….

    Reply

  12. Novia Says:

    Nice post Pak..

    Ijin copas diblog saya.

    Terima kasih buat ilmunya..

    Reply

  13. shahrizal Says:

    mohon share ya webmaster. :top:

    Reply

  14. udin Says:

    trimakasi jadi bekal ni :love:

    Reply

  15. serbasolusi Says:

    Produk alami bagi pasutri yang ingin memuaskan pasangan. Suami yang mengalami masalah dalam seks & istri yang ingin rapet kembali seperti ketika dulu masih gadis, mengatasi keputihan, lendir berlebih. Produk ini diharapkan bisa membantu mengatasi masalah/problem rumah tangga

    Reply

  16. Guitar Tutorial Says:

    pelajaran penting bagi saya yang baru akan memulai kehidupan rumah tangga..

    Reply

  17. Cheap Says:

    Semoga kita bsa menjalankan kewajiba sebagai suami dan bisa membentuk keluarga sakinah.

    Reply

  18. vania Says:

    aaaaaaarrrrhhggg..anjriiitt b*biiiii kesel sy mmbaca nasihat2 anda kpd para istri diatas! anda ni siapa?? ustadz?? seenaknya orang disuruh sabar disuruh iklas!! lo bisa ga nyet?? tunggu sampe lo rasain sendiri BARU KASIH NASIHAT ORANG!! CAMKAN ITU!!!

    Reply

    DIAJENG Reply:

    SETUJU DENGAN VANIA……!!

    PENULIS ARTIKEL INI HANYA MEMENTINGKAN KESENANGAN SUAMI…. TANPA MEMIKIRKAN APAKAH ISTRINYA BAHAGIA ATAU MENDERITA….!!!!!!!!!!!!!

    PENULIS ARTIKEL INI ADALAH CIRI2 SUAMI EGOIS DAN HANYA MAU ENAKNYA SENDIRI….!!!!!!!!!!!!!

    DI ATAS UDAH BANYAK YANG TANYA, GIMANA KALO SUAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB MEMBERI NAFKAH LAHIR, HINGGA ISTRINYA HARUS BEKERJA, UDAH GITU DI RUMAH MASIH DIRONG-RONG MENGURUS RUMAH DAN DIPAKSA MELAYANI SUAMI DI RANJANG….. TAPI PENULIS ARTIKEL INI HANYA MENYURUH ISTRI SABAR & TETAP MELAYANI SUAMI….. NASEHAT MACAM APA ITU…????????

    NASEHATIN DULU TUH SUAMI UNTUK BERTANGGUNG JAWAB PADA ANAK & ISTRI…….!!!! JANGAN NGURUSIN NYOKAPNYA MULU….!!!!!!!

    Reply

  19. vania Says:

    menghapus komen saya semakin memperjelas Kalo anda BANCI! SO PLIS JAWAB DISINI!!

    Reply

  20. jomblo Says:

    assalamualaikum wr wb.. artikel yang sangat baik dan ternyata banyak sekali yang memiliki masalah dalam rumah tangganya. saya dengan segala kerendahan diri menghimbau agar kita semua dapat meluangkan waktu untuk lebih mempelajari ilmu berumah tangga dalam islam. islam sudah banyak memberikan tuntunan bagi suami dan istri. untuk beberapa kejadian yang kemungkinan besar belum pernah terjadi di zaman nabi dapat ditanyakan kepada orang2 yang kompeten dan berkualitas di zaman sekarang ini_cnthny pemuka agama_mks

    Reply

  21. yanti Says:

    sy sdh menikah 16 thn punya 1 org anak peremp 15 thn. selama 15 thn sy membiayai kebutuhan rmh tangga dan anak sdr,suami tdk bekerja sedangkan sy bekerja. pernah bbrp kali diberi modal utk wirausaha tp selalu gagal krn sifatnya yg ceroboh,pemalas,tdk mau susah,berlagak jd bos,tdk mau mendengar saran istri. singkat cerita sampe skrg dia tdk punya penghasilan utk menafkahi anak istrinya. selama itu utk kebutuhan RT sebagian besar sy yg memenuhi dan memikirkan,suami hanya diam tdk berbuat apa2. selama itu pula sy stres memikirkan keadaan RT sy. sy mempertahankan RT sy krn anak kami. Skrg sy sdh tdk kuat lg utk bertahan. Sy ingin cerai dr suami tp tdk punya keberanian krn akan menyangkut kel besar kami dan anak kami. kami sdh 3 thn pisah ranjang,sy jg sdh mati rasa dg suami. sy jd gelisah stres capek. Salahkah kl skrg sy menuntut cerai? Mohon saran ke email sy…tlg identitas sy tdk di publish,Trm ksh..

    Reply

    DIAJENG Reply:

    CERAI AJA MBAK…..

    ANDA PANTAS MENDAPATKAN LELAKI YANG LEBIH BAIK DARI PADA SUAMI ANDA SEKARANG….

    JANGAN TAKUT TENTANG PENDAPAT KELUARGA BESAR…. TOH KALAU ANDA MENDERITA, MEREKA JUGA GAK MENOLONG KAN???? PALING HANYA BERGUNJING GAK BAKAL BANTUIN…..

    JANGAN TAKUT JUGA TENTANG ANAK2….. DARIPADA MEREKA MELIHAT AYAH MEREKA YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ITU…. LEBIH BAIK ANDA TUNJUKKAN BAHWA ANDA WANITA KUAT, IBU YANG MENYAYANGI ANAK2NYA DAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS MEREKA….

    KEBAHAGIAAN ADA DI TANGAN ANDA SENDIRI MBAK….. YOU DESERVE BETTER…..!!

    Reply

  22. NaAlonso Madrid Says:

    :top:
    bahagianya ounya istri sholehah

    Reply

  23. ichsan Says:

    IJIN COPAS YA MAS :top:

    Reply

  24. xdesso Says:

    ijin share gan

    Reply

  25. bayu Says:

    Assalamu’alaikum… salam ukhuwah islamiyah buat kita semua… saya seorang pemuda yang akan menikah… insya Allah… cma pd saat sblm melaksanakan pernikahan saya sudah terikat dg persyaratan dari mertua… yng kata nya saya boleh membawa istri saya jika saya sudah menjadi seorang karyawan tetap… atau jika istri saya kendaraan yang dibeli nya sudah lunas… persyaratn ini terpaksa saya terima mengingat saya sudah terlanjur mencintai calon istri saya… sbnrnya saya gak redho… tp perssyaratan itu membuat saya jadi merasa bersalah knp harus diterima… yg jadi pertanyaan saya bagaimana status saya dg calon istri saya kedepan… apakah hal itu baik??? kemudian salah kah saya jika saya menerima persayaratn tersebut…. mohon utk di jawab… syukron wassalamu’alaikum

    Reply

  26. shady Says:

    andai saja semua istri seperti hadist2 di atas,,

    Reply

  27. lely Says:

    Sy ingin bertanya pak ustadz,kalo seorang suami berselingkuh dg WIL dan istri membalasnya berselingkuh pula dg PIL krn sakit hati apakah perkawinan tersebut msh bisa dilanjutkan?mohon dijawab terima kasih.

    Reply

  28. Abidah Says:

    subhanallah….. wahai saudaraku minta doanya yaaa…. biar di dalam rumah tangga kami cepat di beri momongan amiiin….

    Reply

  29. Hak dan Kewajiban Suami Isteri Dalam Islam « Says:

    […] Luthfi Thomafi dalam milis mencintai-islam. http://www.hendra.ws LD_AddCustomAttr("AdOpt", "1"); LD_AddCustomAttr("Origin", "other"); […]

  30. nurul khotimah Says:

    ass
    salam kenal…
    makasih ya atas infonya,, hal ini pasti bermanfaat buat saya dan suami saya…
    moga aja kami menjadi keluarga syakinah mawadah warohmah
    dan bisa mengikuti jejak rasullullah awt
    amin ya yobal alamin

    Reply

  31. harry Says:

    saya seorang suami yg mendapatkan istri yg tdk pernah menuruti perkataan saya dan dibalik smua itu tyata kluarga istri menggunakan magic terhadap saya dan kluarga saya. :tutup:

    Reply

  32. Farida Says:

    artikelnya bermanfaat banget buat aku yang emang lagi nyari artiket tentang hak & kewajiban suami istri, ijin share ya mas.
    ma kasih. http://www.hendra.ws/wp-includes/images/smilies/113.gif

    Reply

  33. henny Says:

    :gaktau: qu punya calon suami,,,,tapi dia jarang mengerti aqu,,,
    dan cuek..apa dia bnar2 syang dan serius dlam mnjlani hbungan dgan aq…http://www.hendra.ws/wp-includes/images/smilies/18.gif

    Reply

  34. azzahra Says:

    alhamdulillah :top:
    setelah baca
    artikel d ats
    itu bisa jdi
    pembelajaran
    utk saya n’ suami πŸ™‚

    Reply

  35. nataliea lullaby'v Says:

    assalamualaikum πŸ™‚

    alhamdulillah yah, smoga bermanfaat artikelnya buat saya&suami, gitu juga buat org lain,. amin
    :top:

    Reply

  36. nataliea lullaby'v Says:

    :top:

    Reply

  37. mommyrai Says:

    Alhamdulillah, artikel yang sangat bermanfaat bagi pasangan suami istri. Ijin copas pak sebagai reminder bagi saya pribadi khususnya agar senantiasa menjadi lebih baik sehingga bisa menjadi istri yang soleha amin yra.

    Reply

  38. anonimus Says:

    jadi istri jangan marah ya klo suaminya ingin berpoligami πŸ˜€

    Reply

    MASADI MUKHDOR Reply:

    oza,,,mantapp

    Reply

  39. mikan Says:

    wah tmbh wwsan niy… bhrap bs jd istri yg solehah..
    belum genap 1bln usia pnikahan saya,tp sudah dberi cobaan yg sebenarny sudah saya tebak dr sebelum menikah,tyt terjadi jg,,,aplg mslh rumah tangga saya bhubungan dengan kelg suami saya,,saya bingung harus bagaimana menyikapi masalah ni.. #sedang sdkit kecewa dg suami, :ohno: mohon masukan nya,trmksih

    Reply

  40. janji Says:

    jadi istri emang berat y…suami kdng egois , karna merasa harus di turuti, tp yg namanya rumah tangga yg isinya 2 kepala yg berbeda,tetep harus berusaha saling memahami, klo yg suami g sabar berarti istri yg harus sabar,,bgtu jg sebaliknya,,tp tetep harus jadikan rumah tangga tempat bernaung yg paling nyaman;;;walaupun penuh dengan rintangan,,,,

    Reply

  41. yantie Says:

    :top: :top:

    Reply

  42. niccaniez Says:

    :top: wow… 2 jempol deh buat postingan ini…,
    mohon izin share ya…,n salam kenal…^_^

    Reply

  43. adzi maulana Says:

    andaikan aku mmpunyai istri yg sprti dlm artikel itu ku kn mnjaganya smpai ajal mnjmputku

    Reply

  44. yoed Says:

    thanks, ya allah jadikanlah istri ku seperti pada artikel ini. amiiiin

    Reply

  45. Muhammad Udin Says:

    :top: Assalamu’alaikum…
    bolehkah saya berbagi derita hatiku dengan anda? sayapun minta solusi terbaik yang harus saya lakukan.

    Reply

  46. MASADI MUKHDOR Says:

    Tetapi di zaman sekarang ini banyak istri yang menuntut kepada suami karena suatu faktor , misalnya kebutuhan sekunder..

    Reply

  47. MASADI MUKHDOR Says:

    semua tergantung amal perbuatan,,,,,yg bagus akan menuai yang bagus pula, yang jelek juga sebaliknya,,

    Reply

DoFollow Comments - Be wise yah - Leave a comment below


Chat with me