Catat Perkuliahan Itu Membosankan!

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Berburu catatan kuliah jelang Ujian Tengah Semester (UTS) / Ujian Akhir Semester (UAS), itulah yang kulakukan semenjak semester hmm 3 dan seterusnya. Sebelumnya aku rajin mencatat tulisan/penjelasan dosen. Namun lambat laun, jadi malas dan bosan mencatat. Apalagi tulisanku jelek. Kadang bingung pas dipakai belajar lagi hahaha.

Bisa dipastikan, menjelang UTS dan UAS, aku akan rajin main ke kostan teman-temanku yang wanita. Pinjam catatan dan ku fotocopy! Kemudian belajar pake SKS (Sistem Kebut Semalam).

Ada temanku, namanya Irna yang sering kupinjam catatannya. Tidak hanya ke Irna, hmm ada Dewi, Suci, Indri, Dwi, Retno dan hmm capa lagi yah?. Mereka lah wanita-wanita ‘asisten dosen sejati’ hahaha. Bentuk tulisan mereka tegas, rapi dan enak dibaca! Terlatih menulis pake tangan dari TK sampai kuliah ya ck..ck..ck… Hebat sistem pendidikan Indonesia nih!

Teman cowok? hmmm paling Giyarto, Rendy. Klo kepepet, ke Andre. Membaca tulisannya butuh konsentrasi tinggi. La wong tulisannya jelek hahaha. Tapi lengkap. Gimana dengan Indra? Anak ini sama kayak aku, malas catat! hahaha.

Belajar teknik SKS, ada tekniknya supaya hapal diluar kepala. Ibuku yang beri resepnya. Ibuku bilang, “Le, membaca 3x itu lebih baik daripada menghapal sekali”. Jadi, teknik belajarku adalah membaca catatan itu bolak-balik 3-5 kali! Tidak berusaha menghapal. Baca aja. Alhamdulillah Ibuku benar! Hapal!

Malas menulis dan suka duduk dibelakang. Itulah tabiatku semasa kuliah. Tapi klo pas tes, aku selalu duduk didepan hahaha. #ngeles

Metode dosen memberi kuliah, bermacam-macam cara. Ada yang bercerita, menuliskan di papan (kapur/white board), membaca buku sambil duduk, berdiri, mondar-mandir. Bahkan ada yang gunakan Overhead Projector (OHP), alat segede gaban itu untuk tembak tulisan/gambar diatas lembaran kertas plastik. Tahu nggak ya bentuk OHP itu? Nih kuposting bersama tulisan ini. Jaman sekarang kan projector nya kecil. Projector jaman dulu tuh ada tiang penyangga lensa cembung. Sorot lampu dari bawah. Kayak mesin fotocopy lah hahaha.

Dalam hatiku, selalu protes. Kenapa sih dosen tuh nggak bagi-bagi fotocopy buku atau catatannya dia aja. Dibagikan dulu sebelum kuliah agar dibaca dulu oleh mahasiswa. Nanti sampai di kelas, mahasiswa jadi manggut-manggut dan lebih mendalami. Tercipta diskusi.

Lha ini enggak. Dosen ngomong, mahasiswa yang duduk di deretan depan rajin mencatat. Sesekali mendongak manggut-manggut. Lha aku di belakang menunduk, untuk bisik-bisik obrol dengan kiri dan kananku. Kadang ketiduran hahaha. Sesekali mendongak apabila suara dosen meninggi. Artinya dosen sedang marah 😀

Aku pernah mencoba fokus catat omongan/tulisan dosen. Klo dosen terlalu cepat menjelaskan, maka fokus ku pada mencatat. Otak ini kugunakan untuk menangkap omongan dan salurkan energi ke tangan untuk mencatat. Otak ku tidak ada proses menangkap untuk memahami. Tapi tangkap untuk catat. Mungkin otak ku aja yg pemalas ya.

Aku nggak tahu jaman sekarang. Mahasiswa masih catat omongan dosen atau sudah dapat modul nya duluan. Semoga dapat modul nya ya.

Ataukah cukup pede julurkan kedua tangan kedepan, pake smartphone, potret slide materi dosen yang tampil di proyektor hahaha. Itu yang sering kulakukan pas ikutan workshop/seminar. Mencatat? Huh .. aku ingin memahami isi seminarnya!

Penyampaian materi kuliah, klo bisa berlangsung seperti mengaji kitab suci. Sang guru agama perintahkan untuk buka kitab suci halaman sekian, murid tahu topik dalam halaman tersebut, dan bersama-sama mengkaji topik sehingga jelas bahasannya.

Mohon maaf ya Pak, Bu Dosen yang membaca tulisan ini. Maap banget atas keterbatasan, kekurangan dan kelancangan saya. Peace ya 🙂

Terima kasih kepada teman-temanku yang rela meminjamiku catatan. Semoga budi baik kalian dibalas oleh Tuhan YME. Amin.

Terima kasih Irna Ryah Ramly? atas oleh-olehnya dari Kendari! Semoga makin banyak rejeki, sehat dan berkelimpahan! Amin.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Bagikan Yuk

banner 4 dongkrak
Banner 1
Banner 2
banner 3

DoFollow Comments - Be wise yah - Leave a comment below


Chat with me