Hilangkan Stres Lewat Pelukan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Seberapa sering anda memeluk suami, pacar, adik atau sahabat anda?. Sering, jarang atau malah tidak pernah. Hmmm, berpelukan itu ternyata penting lho. Sebuah penelitian menunjukkan stres bisa berkurang hanya dengan berpelukan. Masa sih?

Berdasarkan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh jurnal Psychosomatic Medicine, pelukan hangat dapat melepaskan oxytocin, hormon yang berhubungan dengan perasaan cinta dan kedamaian. Hormon tersebut akan menekan hormon penyebab stres yang awalnya mendekam di tubuh.

Untuk melakukan penelitian ini, Dr Karen Grewen, peneliti asal Universitas North Carolina mengumpulkan 38 pasangan dalam satu tempat. Ke-38 pasangan tersebut diminta untuk membicarakan hal-hal bahagia yang pernah mereka alami. Mereka juga diminta untuk menonton sebuah film romantis selama lima menit kemudian berpelukan selama 20 detik.

Sebelum semua kegiatan di atas dilakukan, Dr Karen dibantu rekan-rekannya melakukan pengukuran terhadap tekanan darah, tingkat stres dan jumlah hormon oxytocin. Hasilnya, tingkat stres semua orang yang diteliti berkurang. Hormon penyebab stres, cortisol dan norepinephrine, menurun jumlahnya karena tergantikan oleh hormon oxytocin. Dan hasil akhirnya bisa memberikan kontribusi untuk kesehatan jantung anda.

Penelitian tersebut juga menunjukan wanita lebih responsif untuk memeluk  pasangannya. Menurut Dr Karen, hal itu terjadi karena oxytocin lebih memiliki hubungan dekat dengan hormon estrogen yang diproduksi wanita.

Dalam kehidupan nyata hormon oxytocin ini bisa tercipta di sebuah perkawinan yang sehat. Artinya pernikahan tersebut bukanlah pernikahan yang sering diwarnai percekcokan bahkan kekerasan.

Tidak semua orang memiliki pernikahan yang membahagiakan. Tapi kualitas dari hubungan pernikahan itu bisa menjadi tolak ukur kesehatan seseorang,  urai Grewen, seperti dilansir dari Seacoastonline, Kamis (11/8/2005).

Seorang ahli jantung yang berasal dari American Heart Association, Dr. Nieca Goldberg menambahkan penjelasan Grewen di atas. Inti dari penelitian ini adalah untuk menunjukan bahwa dukungan secara emosional dan psikologis bisa berpengaruh pada kesehatan jantung dan pikiran, jelasnya.

Wanita yang tidak bahagia dalam pernikahannya, memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk terkena serangan jantung. Kurangnya dukungan terhadap mereka berdampak negatif untuk kesehatan, tambah Goldberg lagi.

Dari hasil penelitian Dr Karren kita juga jadi tahu berteman dengan orang  yang memiliki jenis kelamin sama bisa mengurangi tingkat stres pikiran. Teman, hewan peliharaan bisa meningkatkan jumlah hormon oxytocin dan ini  tentu suatu hal yang positif, imbuhnya.

So, pelukan nggak selalu harus didapat dari pasangan. Buat anda yang jomblo alias single, pelukan dengan teman atau kucing kesayangan juga bisa mengurangi stres. Selamat berpelukan.

Sumber : Dari mailing list.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Bagikan Yuk


21 Comments

  1. Irfan February 19, 2008 at 11:12 pm

    Peluk eke dong…

    Reply

  2. Malaikax February 19, 2008 at 11:26 pm

    Setuju banget… liat pasangan aja udah nurunin stress apalagi berpelukan or **sensored**

    Reply

  3. Yanuar February 20, 2008 at 2:12 pm

    sayang nggak ada skrinsot bagaimana cara-cara berpelukan yang bener…
    coba kasih contoh.. 🙂

    Reply

  4. baladika February 20, 2008 at 3:44 pm

    mau dong di peluk :mrgreen:

    Reply

  5. Ebo February 21, 2008 at 11:10 am

    Saya pernah baca artikel.. hormon cinta juga bisa dihasilkan saat kita makan coklat. Tapi saya tetap milih untuk dipeluk. Suer…

    Reply

  6. Ika February 21, 2008 at 3:23 pm

    kayaknya seru juga ya…
    klo lg stress, trus peluk2in orang….

    he…he…

    Reply

  7. made February 21, 2008 at 5:03 pm

    aku paling demen melukkk komanggg mas…soalnya endut seh…xixixixi:D

    Reply

  8. made February 21, 2008 at 5:04 pm

    kalo meluk yang endut2 berasa anget soalnya

    Reply

  9. Moeghan February 23, 2008 at 1:05 pm

    Sini sapa yang mau aku peluk ? :p

    Reply

  10. Ghira February 27, 2008 at 11:02 am

    Nice Post.

    Reply

  11. nurtiny March 11, 2008 at 10:53 am

    Pelukan bisa menurunkan demam panas anakku. Suamiku yang tidak ekspresivepun pernah memelukku di keramaian, takjub dan happy. Saya suka memeluknya jika malam2 dia menyajikan indomie+acsesoriesnya, kesukaanku & anak2.

    Reply

  12. awan April 18, 2008 at 8:33 pm

    bener banget tu………apalagi kl lg stres karena kerjaan,enak banget lg capek22 nya di peluk ma pacar
    bagaimana menurut anda?

    Reply

  13. nismaray July 16, 2008 at 12:00 pm

    karna saat dipeluk ato meluk,ada hal yang buat kita hangat n nyaman 😉

    Reply

  14. Aconk October 6, 2008 at 12:05 pm

    Iyo ta???….Klo gt pas lg stres minta dipeluk ce aj,biar adem.tuch klo pnya,klo g pny ce trus gmn???….. :bentur:

    Reply

  15. Amena October 9, 2008 at 1:02 pm

    :rose: 😎
    Emang bener, pelukan bisa ngilangin stress.
    Ga perlu ama pacar ato suami, dengan boneka kesayangan atao temen juga gpp…
    Gw sering lakuin kalo stress ama pekerjaan gw pasti peluk temen Gw..Rasanya langsung rontok dech tuih stress… :)) :))

    Reply

  16. villas in seminyak March 18, 2009 at 10:33 pm

    bener tuh ? takutnya malah jalar ke mana2 ?

    Reply

  17. Impun June 21, 2009 at 2:09 pm

    setuju , semua itu sudah ada buktinya, dengan berpelukan semua yang ada di dada jadi hancur, :top: :top: :top:

    Reply

  18. Iklan Baris September 16, 2009 at 11:06 am

    Memang benar bahwa pelukan dapat menyembuhkan sakit fisik dan psikis. :rose: Sentuhan yang dihasilkan dari pelukan membantu mengurangi rasa sakit. Menimbulkan rasa nyaman, dan bahkan mampu mengubah emosi negatif seseorang menjadi emosi positif. Apalagi bila pelukan itu didapatkan dari seseorang yang dicintai. Sungguh, cinta itu maha dahsyat..anugerah-Nya yang tiada duanya. :love:
    Iklan Gratis

    Reply

  19. buhori ahmad October 1, 2009 at 2:21 am

    :top: tetep aj gue bete dh plukan jg”knp y?

    Reply

  20. ita December 25, 2009 at 5:21 pm

    carnyna :doa: aq mo tau caranya biar blog kita di backrounnya foto kita kayak gini gmna caranya
    kasih tau ya… :doa:

    Reply

  21. yuni October 8, 2010 at 9:33 pm

    Suer kLi ini Q bener2 stress&BT bgt sm suamiQ,,tp kLo udh dipeluk lgsg ilang…. :shy: :shy: :shy:

    Reply


Leave A Response