Archive for the ‘Peristiwa’ Category

Sistem Ngadat, Pungli Merajalela?

Thursday, October 13th, 2016
Koran hari ini mengulas tentang pungli dan antisipasinya. TV pun sebelumnya gencar siarkan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pungli di Kementrian Perhubungan. Atensi lansung datang dari Presiden Joko Widodo, perintahkan berantas pungli di semua kementrian dan tempat pelayanan publik berada.
speedyeinstein1
 
Ada fakta menarik yang di ulas koran hari ini. Praktik pungli akhirnya subur karena sistem online, yang sebelumnya disediakan oleh pemerintah ngadat!. Itu keluhan masyarakat yang urus perijinan. Ironis nya, sistem itu belum sempurna, namun Presiden Jokowi perintahkan buat sistem pengaduan pungli secara online. Klo ngadat lagi gimana Pak? Hahahaha.

(more…)

Positive CopySpeaking Marketing

Tuesday, October 11th, 2016

Malem ini, malem mingguan sama mereka. Eh ada anak muda mendekat tawarkan pop corn. Bilangnya “Hi pak saya mau jualan popcorn. Bisa dicoba. Klo nggak beli nggak papa kok”. Wuuaah langsung ku koreksi copyspeaking nya. Jangan bilang “Klo nggak beli nggak papa kok”. Itu kalimat negatif. Selling is about convincing. It has to be positive! Lead someone to know your product.

popcorn-gandul

Sebaiknya bilang “Ini gratis, bisa coba merasakan. Yuk silakan. Syukur-syukur Bapak membelinya *senyum*”. Setelah kriuk kriuk mencoba, mereka jadi tahu rasanya. Experiencing your product. Tanya pendapatnya. Dengerin sebentar, lalu kemudian langsung lakukan closing, “Jadi mau beli berapa kotak pak?”. Pasti ada reaksi dari calon pelanggan. Omongan Anda spt menyihir, hipnotis orang utk ikuti kemauan Anda. Pasti ada yg senyum dan mungkin ada yg cemberut. Nobody knows. Tapi kamu anak muda, tetaplah senyum dan positif menggoda hahaha. Salut buatmu anak muda, pemilik popcorn @gapopucorn Tetap semangat berwirausaha!


Terima kasih ya Allah atas usia 38 ku ini. Perayaanku bersama anak dan istri 🙂 Alhamdulillah bisa memotivasi orang *yay*

SMS is NATO (No Action Talk Only) ?

Sunday, October 9th, 2016

OMG brosist! Aku baru aja buka icon Messaging di smartphone ku. Isinya SMS iklan-iklan doang! Memang aku sangat jarang klik fasilitas messanging/SMS ini semenjak asik di WA, Telegram, Line, Email, FB, Messanger, Twitter, Instagram, Google Maps, Waze, dll. Tapi tidak BBM :p

sms

Intinya, fasilitas messaging SMS ini seperti pelengkap penderita saja. Klo mau cek sisa hutang atau tagihan, SMS lah tempatnya hahaha. (more…)

Azab dari Kebohongan dan Kufur

Saturday, October 8th, 2016

Kejadian masa lalu menurutku tidak lah berharga. Tapi, muatan sejarah yang terjadi adalah bernilai tinggi. Sungguh abstrak dan tak terhitung dengan angka.

Masa depan lah yang berharga. Nilai nya jelas, bisa dihitung. Mau cetak omzet berapa? Mau beli rumah harga berapa? Mau umroh paket berapa? Mau haji, siapkan saku berapa? Mau beli mobil apa? Bahkan diri pribadi (personal brand) dan usahanya bisa di valuasi. Muncul angka.

vespa-hendy

Semasa SMA, pernah rasakan muatan peristiwa yang bernilai tinggi bersama orang tua. Aku pernah pamitan kepada orang tua untuk pergi jauh, ke Kediri, naik motor Vespa PX 150 E bersama teman. Motor yang sangat berharga, karena cuma satu-satunya milik keluargaku. Namun dalam proses pamitan, terjadi perdebatan kecil dan serasa muncul keraguan di ucapan orang tuaku. Sebenarnya tidak diperbolehkan karena mendung tebal dan sepertinya akan turun hujan deras. Disuruh menunda keesokan harinya. Tapi, tekad itu sudah bulat dan aku berusaha yakinkan orang tua. Bapak dan Ibu melepasku, sepertinya dengan hati yang sangat berat. (more…)

The Messanger: Jehovah’s Kingdom

Saturday, August 20th, 2016

Dua bule wanita kupersilahkan masuk ke kantor. Perkenalkan diri dari majalah Jehovah bla bla dan selebihnya saya lupa namanya. Bernama Sophia dan satunya lagi lupa, gunakan bahasa inggris ingin menyampaikan pesan (messages) kepada orang yang bisa bertutur kata bahasa Inggris. Gunakan handphone mereka memutar video selama 3 menit.

jehovah

Namun biar pesan itu menyebar banyak, aku panggil dua anak buahku untuk bergabung bersama. Wahyu dan Angga ikutan menyimak pesan yang ter-motion dalam video tersebut. (more…)

Apakah Presiden Perduli Remeh Temeh Saja?

Sunday, July 31st, 2016

Yang terhormat Bapak Presiden Joko Widodo , ijinkan saya akan sampaikan keheranan dan rasa nggak habis pikir dalam hal respon dan aksi nyata Bapak di paragraf berikutnya.

Jokowi Tolak Reklamasi

Ingatkah bulan puasa kemarin, ada warteg milik Bu Saeni yang dirazia oleh satpol PP Kota Serang? Beritanya heboh di televisi dan viral di media sosial. Bapak respon cepat dengan kirimkan utusan untuk beri bantuan ke Bu Saeni. (more…)

Sedih dan Kecewa dengan BNI

Wednesday, July 13th, 2016

Terpaksa, saya menutup rekening BNI dimana sejak 2011 sebagai salah satu rekening transaksi antara BOC Indonesia dan pelanggannya. Kenapa saya menutup? Opini saya adalah:

tutupbni

1. Dipaksa ganti nomor rekening oleh BNI.
Nomor rekening BNI saya di 0226487598 harus ditutup dan dialihakan ke nomor rekening baru gara-gara kartu ATM habis masa berlakunya dan buku tabungannya hilang. Berbekal kartu ATM BNI yang expired, KTP dan surat keterangan hilang dari kepolisian, saya berniat memperpanjang kartu ATM. Hasilnya adalah: rekening lama harus ditutup dan saldo nya akan ditransfer ke rekening baru. (more…)

Kesanku ke Andy F Noya

Sunday, June 19th, 2016

Andy F Noya adalah presenter terkenal Indonesia. Bung Andy menjadi terkenal setelah Metro TV punya acara inspirasi bernama Kick Andy. Bertahun tahun kemudian Bung Andy membawakan acara yang mirip namun beda kemasan di Kompas TV. Nama acaranya Bing Bang Show. Sebuah program inspirasi juga namun mengkhusus tampilkan anak-anak mudah kreatif.

andyfnoya1

Kalau di Metro TV, Bung Andy tampil dengan kepala plontos. Sedangkan di Kompas TV, Bung Andy tampil dengan topi kain warna hitam ala anak rasta. Kurang lebihnya seperti itu lah. Belum tahu namanya. (more…)

Seharusnya Aku Celaka? di Paiton

Wednesday, June 8th, 2016

Mataku terbuka, terlihat hutan bakau didepanku. Rasa kantuk itu langsung sirna karena aku merasa ada keanehan yang luar biasa diluar nalar. Masih dalam keadaan nyetir aku bertanya-tanya, “Lho mana restoran Utama itu? Mana pom bensin nya? Kok kayaknya belum nyampe ya? Wah kelewatan nih”.

Untuk puaskan rasa penasaran, mobil tetap kulajukan, berkelok, lurus, berkelok lagi sampai pada tanjakan terakhir selepas Paiton, terdapat dua tebing mengapit jalanan dan menurun lurus menuju ke Besuki. Akhirnya pertanyaan itu jadi yakin terjawab, restoran Utama telah lewat, gara-gara aku ketiduran!

Sambil menyusuri jalan ke Besuki, pertanyaan selanjutnya muncul, “Lha siapa yang nyetir tadi ya?”. Ingatan terakhir adalah nun jauh di belakang sana di jalan turun selepas warung-warung PLTU Paiton. Harusnya kan aku celaka?.

Hutan bakau di Paiton, Jawa Timur (Gambaran di siang hari)

Hutan bakau di Paiton, Jawa Timur (Gambaran di siang hari)

Rasa kantuk itu menyerang di Kraksaan, sebuah kota kecil setelah kota Probolinggo. Aku mulai nyetir mobil dari Mojokerto sebelum maghrib. Bersama istri dan adik ku berbuka puasa dulu di Mojosari. Selepas itu melaju ke Gempol, Pasuruan dan Probilinggo. Ketika sampai di Kraksaan, rasa kantuk mendera. Aku berusaha usir itu dengan mencubit pipi, elus-elus rambut, meremas nya dan kadang menampar pipi sendiri. (more…)

Kartu Mahasiswa UNUD tahun 1996

Friday, June 3rd, 2016

Lagi bongkar-bongkar kontainer dan menemukan kartu mahasiswa ku di Universitas Udayana. Diterima kuliah disana adalah salah satu anugerah. Ketika tahun 1996, mulai menapaki hidup di Bali. Berbekal kartu mahasiswa ini, aku sah jadi mahasiswa UNUD #Tsah! Ini penampakannya. Masih diketik manual dan di cap stempel tiap 6 bulan sekali.

kartumahasiswa-depan

Bagian belakang nya … (more…)


Chat with me