Pemikiran

Kebebasan Waktu itu bukan milik Bos saja!

Sepulang dari kantor, aku mampir ke tempat printing untuk ngeprint. Pandanganku terarah ke salah satu staf yang kurasa sering bertemu. Kami beradu pandang dan langsung kutanya, “Lho mbaknya kan yang di printing sana, ngapain di printing sini?”.

mac-gondrong

Sambil tersipu mbaknya bilang “Iya Pak, saya memang diprinting sana, kan disana 5 tahun”.

Aku heran, “Lho klo 5 tahun ngapain kok keluar dan berada disini?”.

Read the rest of this entry »
Pasar Wisata Rakyat di Renon, Bali, Mungkinkah?

Beberapa waktu lalu ke Kota Malang dan sempat berkunjung ke Pasar Minggu di sekitaran stadion Gajayana. Itu seperti pasar kaget. Masyarakat tumpah ruah berdagang aneka produk diantaranya: kuliner (menu menu aneh banyak disini, wuah meleleh!), jajanan, minuman fresh buah dll, dagang sepatu, fashion, sampai batu akik pun ada.

11046341_10152962036364842_136626265605989324_n

Tempat dagang manfaatkan jalanan sekitar stadion, mengular hmm hampir lebih dari 3km. Masyarakat Kota Malang ada yang olah raga dan ada yang jalan jalan dan ada yang khusus menikmati pasar kagetan itu. Aku pribadi senang lihat hiruk pikuk berdampak pada sisi sosial dan ekonomi masyarakat. Sebuah konsep car free day yang keren!

Read the rest of this entry »
#SaveTelukBenoa

Sudah introspeksinya? Setelah Nyepi, langsung berkunjung ke Taman Hutan Raya Mangrove dan melihat Teluk Benoa, reservoar 5 daerah aliran sungai. Begitu indah ketika air laut pasang. Dah lah cukup ketimpa tol saja, jangan ada lainnya. Yuk kita jaga dari maling-maling perusak alam. ?#?SaveTelukBenoa? ~ Bali Tolak Reklamasi!

telukbenoa

Read the rest of this entry »
The Power Of Terbiasa dan Niat – Sebuah Eksperimen

Yay Alhamdulillah Aku Menang! ~ Eksperimenku hari ini. Rabu 9 PM aku makan malam, Kamis 8.30 AM bangun dan ingat bahwa ini hari kamis, duh semalam nggak berniat dan tidak makan sahur untuk puasa kamis, ah berarti nanti bisa sarapan dan ngopi di kantor. Kamis 8.35 BAB dan mandi, segar dan kok tidak merasakan keroncongan/lapar di perut, hmm ingin lanjutkan puasa namun masih bimbang.

10422222_10152892627189842_3676343769961575319_n

Kamis 9.00 AM sholat Dhuha 4 rakaat dan setelahnya pun tidak merasakan keroncongan/lapar. Merunut sejak bangun sampai sekarang tidak tersentuh sepeserpun air minum ataupun sejumputpun makanan. Akh … lanjutkan, niat Puasa Kamis! karena Allah Ta’alla. Sebenarnya sambil testing/riset daya tahan tubuh sih. Apakah kuat sampai nanti sore?.

Read the rest of this entry »
Keprihatinan kepada Mahasiswa

“Kalau ada yang bilang bangsa ini suka molor, yang terpenting dimulai dari diri kita, maka jangan suka molor dan buang-buang waktu. Ajak orang yang kita kenal untuk jangan sia-siakan waktu dan memberi tauladan yang benar dalam memanfaatkan waktu” ~ Ibu Amna Hartiati

amna

Read the rest of this entry »
Kawatiran vs Kepastian

“Aku kawatir besok tidak bisa makan. Aku kawatir besok tidak bisa menghidupi dirinya. Aku kawatir besok tidak bisa bayar hutang. Aku kawatir tidak bisa selesaikan masalah”. Itulah semua kekawatiran manusia padahal dia tidak tahu kejadian masa datang.

Seolah-olah kekawatiran itu bakal terjadi di masa depan, mendahului ketentuan Tuhan YME. Kadangkala inilah kesombongan manusia, sok tahu! memberikan penyakit kepada hati nya dan memberatkan langkah nya kedepan.

Read the rest of this entry »
Media Online adalah Janji Pelayananmu

Komunikasi bisnis jaman sekarang sudah melalui beragam alat dan media. Semua itu demi efisiensi. Contoh alat: handphone dengan media telpon, SMS, email, whatsapp, BBM media sosial online (twitter, FB, dll).

Ketika perusahaan berani pasang media komunikasi maka perusahaan itu harus siap pertanggungjawabkan keberadaannya. Contoh lihat website perusahaan yang cantumkan nomor telpon, email, twitter, facebook dan linkedIn. Itu semua media komunikasi dengan pelanggan atau masyarakat dan bukanlah asesoris belaka.

Read the rest of this entry »
Nihil artinya Tidak Ada Satu

Maka untuk berbuat baik itu ada aturan dan cara-cara nya kan? Maka untuk hidup bersama Tuhan YME pun ada aturan dan cara-cara nya.

space

Mau mabuk pun ada cara nya kan? Yaitu beli arak, ambil gelas, undang kawan, berputar bersila, dan fly to the moon. Mau mabuk asmara dengan Tuhan pun ada caranya, klo Islam ambil wudlu, sholat, dzikir dan baca Al-Qur’an so fly to the universe.

Read the rest of this entry »
STOP Paku Pohon!

Sepanjang Jl. Jayagiri Denpasar penuh dengan iklan yang terpaku, tertancap di pepohonan. Getah-getah (darah) itupun semburat disekujur tubuh pohon (melodrama nih).

websitepakupohon1

Boleh berjualan namun paku terbuat dari besi memiliki unsur yang mengganggu kesuburan pohon. Coba dada mu kasih tancap pake paku. Gimana rasa dan efek nya?.

Read the rest of this entry »
Tujuan Magang atau Praktek Kerja atau Pakerin

3 pemuda dari salah satu Sekolah Tinggi IT di Bali datang ke BOC Indonesia mohon untuk magang/praktek kerja. Saya bilang penuh sampai April 2015 namun masih berpikir untuk tempatkan mereka di shift malam. Mulailah bertanya hal basic, “Kalian sudah diberi mata kuliah tentang PHP dan MySQL?” dan serempak mereka jawab “Belum Pak, semester depan baru diajarkan”.

Pak bro dosen, ketiga pemuda itu saya beri pemahaman bahwa filosofi magang adalah mempraktikkan yang telah diberikan oleh sekolah ke dunia industri. Bukankah itu tujuan nya bersekolah? Dunia industri punya budaya, etos, SOP dan rumusan unik lainnya yang akan jadi nilai tambahan keilmuan bagi pemuda sekolah tadi.

Read the rest of this entry »

Categories

Archives

Bloggers

Komunitas

Links

Serba-Serbi



Persaudaraan Setia Hati Terate

Bali Blogger Community



Copyright © Ayo Berkarya dan Berbagi - Sebuah Anugerah menuju Perjalanan Panjang Hidup nan Indah